Monday, October 8, 2018

Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jadi mahasiswa mungkin terlihat membanggakan. Akan tetapi, kalau kalian merupakan mahasiswa rantau, kalian pasti tahu derita mahasiswa saat akhir bulan. Kalau kalian sudah merasakan derita yang sama, mungkin tidak ada salahnya kalian coba mencari lowongan pekerjaan mahasiswa yang bisa membantu kalian menambah uang jajan. Paling tidak, kalian tidak perlu khawatir karena sudah berada di akhir bulan. Kalau kalian memang tertarik, pekerjaan freelance di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif buat kalian para mahasiswa rantau menghadapi akhir bulan.

1. Asisten dosen



Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Untuk saat ini, sepertinya pekerjaan sampingan mahasiswa ini sudah semakin ditinggalkan karena berbagai macam alasan. Akan tetapi, kalau kalian memang punya kemampuan yang lebih, tidak ada salahnya untuk meminta kerja part time dari dosen yang dekat dengan kalian. Dengan begitu, kalian bisa mendapatkan tambahan untuk bekal akhir bulan. Selain itu, dengan memilih asisten dosen sebagai kerja pekerjaan freelance kalian, kalian tidak perlu khawatir dengan nilai karena dosen pasti memberikan nilai yang bagus untuk kalian.

2. Guru privat



Guru privat

Jenis kerja part time ini adalah salah satu yang paling umum karena banyak sekali potensi dan kesempatan yang bisa kalian manfaatkan di daerah universitas kalian. Tetapi, kalau memang jurusan kalian kurang dipercaya untuk memberikan pelayanan semacam ini, mungkin tidak ada salahnya kalau kalian geser sedikit. Contohnya, kalau kalian mengambil jurusan informatika, menjadi guru les privat komputer mungkin akan sedikit minatnya. Akan tetapi, kalau kalian menawarkan jasa reparasi komputer atau semacamnya, tentu akan banyak yang tertarik. Cobalah untuk mencari celah yang mungkin kalian masuki.

3. Kerja di kafe



kerja barista di cafe

Untuk yang satu ini, kalian bisa mencari lowongan kerja mahasiswa yang mungkin ada di kota kalian bersekolah. Karena hampir di semua universitas negeri di Indonesia, pasti ada semacam kafe tempat mahasiswa berkumpul. Kalau kalian memang tertarik, tidak ada salahnya untuk mencoba kerja part time di kafe tersebut. Selain itu, biasanya kerja di kafe cukup menyenangkan, terutama bagi yang memang jauh dari keluarga. Karena biasanya kalian akan mendapat jatah makan satu kali bergantung shift yang kalian ambil. Lumayan bukan untuk akhir bulan?

4. Operator warnet



kerja sampingan mahasiswa operator warnet

Untuk pekerjaan sampingan mahasiswa ini, sebenarnya cukup menguntungkan. Hal itu karena hingga saat ini masih banyak sekali mahasiswa yang memanfaatkan jasa warnet untuk browsing walaupun sudah banyak yang memiliki smartphone. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kalian mencoba kerja freelance semacam ini. selain itu, kalian juga tentu akan senang kalau bisa browsing segala macam setiap harinya. Pastinya, hal ini akan lumayan membantu kalau kalian butuh materi untuk tugas di kampus kalian.

5. Event organizer



menjadi event organizer

Yang terakhir bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik, yaitu sebagai event organizer. Hal itu karena jenis pekerjaan freelance ini tidak bisa dengan mudah kalian dapatkan. Kalian harus bisa membangun relasi di dalam dan luar kampus terlebih dahulu supaya kalian tahu tentang seluk beluk event organizer yang ada di sekitar kampus kalian. Selain itu, biasanya lowongan kerja part time sebagai event organizer ini bukan satu hal yang bisa kalian dapatkan di muka umum karena info seperti ini hanya tersebar dari mulut ke mulut. Itulah gunanya relasi dalam jenis pekerjaan part time ini.

Baca Juga : Tips Agar Tidak Menjadi Mahasiswa Kupu - Kupu di Kampus

Walaupun ada beberapa mahasiswa yang merasa bahwa part time sebagai event organizer bukanlah sesuatu yang menentu, pendapatan yang kalian dapatkan bisa tergolong besar lho. Karena biasanya mahasiswa part time sebagai event organizer bisa langsung bersenang – senang setelah event yang dipegang selesai dilaksanakan. Jadi, jenis pekerjaan freelance mana yang menarik minat kalian sebagai mahasiswa rantau?

0 komentar:

Post a Comment


Top