Friday, October 5, 2018

Tips Agar Tidak Menjadi Mahasiswa Kupu – Kupu di Kampus

Bagi yang sudah memasuki dunia universitas, kalian tentu merasakan perbedaan yang signifikan antara masa SMA dan universitas. Hal itu karena banyak sekali kebebasan yang bisa kalian dapatkan di tingkat universitas. Akan tetapi, hal itu juga yang akhirnya membuat mahasiswa yang satu dengan yang lain berbeda. Bahkan, ada yang menggunakan beberapa istilah hewan seperti mahasiswa kura – kura, kunang – kunang, hingga mahasiswa kupu – kupu.

Kalau kalian mau tahu, mahasiswa kura – kura itu sebutan bagi mahasiswa yang ikut banyak organisasi; kuliah – rapat. Untuk kunang – kunang, itu sebutan bagi mahasiswa yang suka bergaul, kuliah – nangkring, atau nongkrong. Nah yang terakhir, mahasiswa kupu – kupu, bisa dikatakan sebagai yang paling tragis karena kerjanya hanya kuliah – pulang. Maka dari itu, tidak jarang mahasiswa kupu – kupu terlihat sedikit terisolir. Untuk kalian yang merasa mahasiswa kupu – kupu, mungkin tidak ada salahnya mencoba beberapa tips mahasiswa kupu – kupu di bawah ini supaya kalian bisa menghilangkan status itu dari diri kalian. Berikut beberapa tips yang bisa kalian coba.

Baca Juga : Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

1. Main ke kantin


Main ke kantin adalah tips mahasiswa kupu – kupu yang harus kalian coba karena kantin adalah salah satu tempat paling oke untuk bersosialisasi. Selain banyak mahasiswa untuk diajak ngobrol, harga jajanan kantin biasanya relatif terjangkau. Jadi, kalian tidak perlu memikirkan jatah bulanan yang cepat habis.

Nongkrong di kantin



2. Ikut organisasi


Kalau kalian ingin menjadi mahasiswa kura – kura, maka tips mahasiswa kupu – kupu berikutnya yang bisa kalian coba adalah bergabung dengan UKM atau organisasi yang ada di kampus kalian. Kalau kalian bergaung dengan salah satu unit kegiatan di kampus kalian, paling tidak kalian sudah berusaha membuang sebutan mahasiswa kupu – kupu dari nama kalian. Walaupun mungkin cakupannya masih cukup terbatas, paling tidak kalian sudah mempunyai ruang lingkup yang lebih besar.
Belajar Berorganisasi

3. Bantu tugas teman di kampus


Kalian tentu tahu bahwa hampir semua kampus di Indonesia menyediakan fasilitas untuk menunjang pendidikan mahasiswanya. Maka dari itu, tidak jarang mahasiswa yang mengerjakan tugas di sekitaran kampus. tips mahasiswa kupu – kupu berikutnya adalah membantu mereka atau paling tidak ikut bergabung dengan mereka. Untuk mahasiswi, mungkin hal ini memang benar adanya. Akan tetapi, untuk mahasiswa, biasanya ini hanya ajang kumpul untuk saling bercerita dan bersosialisasi. Akan tetapi, tetap saja tips mahasiswa kupu – kupu ini bisa membuat anda mempunyai ruang lingkup pergaulan yang lebih luas.

Mahasiswa Kupu – Kupu bantu teman ngerjain tugas



4. Simpan sedikit uang jajan untuk jalan - jalan


Buat kalian yang kuliah di luar kota, jalan – jalan tentu menjadi salah satu kesempatan yang kalian tunggu. Maka dari itu, sebaiknya kalian sisihkan uang jajan kalian untuk sekedar jalan – jalan di kota orang. Selain itu, kalau kalian sudah punya semakin banyak teman, maka tips mahasiswa kupu – kupu ini akan sangat berguna karena besar kemungkinan kalian akan diajak beberapa teman kalian untuk pergi ke tempat – tempat yang baru, walaupun mungkin hanya untuk ngopi atau ngobrol sejenak.

menabung uang untuk masa depan


Itu tadi beberapa tips mahasiswa kupu – kupu yang bisa kalian coba kalau siklus hidup kalian hanya berkutat di kampus dan rumah atau kost. Akan tetapi, kalian harus tahu satu hal yang penting. Menjadi mahasiswa kupu – kupu merupakan pilihan. Dengan kata lain, kalian semuanya bisa merubahnya kalau kalian memang mau. Lagipula, masih ada banyak hal di luar sana yang mungkin bisa membuat kalian takjub. Maka dari itu, stop menjadi mahasiswa kupu – kupu dan mulai keluar dari zona kalian sekarang.

0 komentar:

Post a Comment


Top