Friday, November 16, 2018

Konsep dan Teknik Pemeliharaan Perangkat Lunak

Bagi setiap orang yang bekerja dengan informasi dan teknologi, software atau perangkat lunak tentu menjadi makanan sehari – hari. Akan tetapi, bagi mereka yang tidak bergerak di bidang ini, tentu mendengar istilah perangkat lunak saja menjadi suatu hal yang awam. Bahkan, tidak jarang dari mereka yang mengerti bahwa ada pemeliharaan perangkat lunak yang memang haus dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya. Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai perangkat lunak dan juga pemeliharaan yang biasa dilakukan.

Definisi Pemeliharaan Perangkat Lunak

Bagian pertama yang harus dipahami adalah definisi dari pemeliharaan untuk perangkat lunak itu sendiri. Perlu Anda ketahui, perangkat lunak sama saja dengan perangkat keras yang memang butuh pemeliharaan. Akan tetapi, jenis pemeliharaannya akan sedikit berbeda antara perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam melakukan pemeliharaan perangkat lunak, biasanya yang dijadikan titik fokus adalah penambahan fitur atau fungsi dari perangkat lunak itu sendiri sesuai dengan kebutuhan si perangkat lunak tersebut.

konsep dan teknik pemeliharaan perangkat lunak

Konsep Pemeliharaan Perangkat Lunak

Jika berbicara mengenai konsep pemeliharaan yang biasa dilakukan untuk perangkat lunak, maka secara mudah konsep dalam memelihara perangkat lunak adalah dengan merubah komponen yang ada di dalam perangkat lunak tersebut supaya bisa lebih berguna bagi para penggunanya. Salah satu contoh pemeliharaan perangkat lunak yang biasa Anda temukan adalah penambahan fitur atau fungsi yang ada di perangkat lunak tersebut.

Sebagai contoh, perangkat lunak untuk printer yang mungkin sebelumnya hanya bisa menampung satu pengguna di satu waktu, diperbaiki dan ditingkatkan kemampuannya sehingga bisa menampung lebih dari satu pengguna di waktu yang bersamaan. Contoh tersebut hanya satu dari banyak contoh pemeliharaan yang biasa dilakukan pada perangkat lunak.

Baca Juga : Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian

Teknik Pemeliharaan Perangkat Lunak

Untuk teknik pemeliharaan yang biasa dilakukan pada perangkat lunak, pada dasarnya tidak ada teknik atau metode yang 100 persen pasti. Hal itu karena pemeliharaan biasanya dilakukan sebagai solusi dari masalah yang muncul. Dengan kata lain, pemeliharaan mungkin tidak diperlukan andaikata tidak ada masalah yang muncul. Akan tetapi, ada beberapa teknik yang biasa dilakukan dalam pemeliharaan perangkat lunak. Berikut beberapa diantaranya.

Perbaikan. Yang dimaksud perbaikan adalah satu jenis pemeliharaan yang biasanya dilakukan saat ada masalah berkaitan dengan perangkat lunak tersebut. Semisal suatu perangkat lunak untuk Android ternyata tidak bisa digunakan di salah satu ponsel Android, maka perbaikan perangkat lunak menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Peningkatan. Dalam hal ini, peningkatan sebenarnya cukup mirip dengan perbaikan. Hanya saja, peningkatan biasanya dilakukan tanpa harus ada masalah yang muncul terlebih dahulu. Dengan kata lain, pemeliharaan semacam ini hanya untuk memberikan pelayanan yang lebih bagi para pengguna perangkat lunak.

Penambahan. Dalam penambahan, biasanya perangkat lunak mendapatkan beberapa fungsi atau fitur tambahan. Dalam hal ini, beberapa perangkat lunak memang sering mendapatkan penambahan dalam kasus pemeliharaan perangkat lunak. Akan tetapi, beberapa perangkat lunak hanya mendapatkan peningkatan atau perbaikan tanpa butuh penambahan fitur atau fungsi.

Pengurangan. Hal ini sangat jarang terjadi karena biasanya pengurangan fitur atau fungsi hanya dilakukan jika fitur atau fungsi tersebut memang tidak diperlukan. Perlu digarisbawahi, biasanya pemeliharaan semacam ini dilakukan hanya jika versi terbaru dari perangkat lunak tersebut akan diluncurkan. Jadi, jangan kaget jika Anda memiliki perangkat lunak dengan berbagai versi dan ada beberapa fitur atau fungsi yang absen di perangkat lunak versi terbaru Anda.

0 komentar:

Post a Comment


Top