Friday, January 10, 2020

Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Membutuhkan Strategi Digital Marketing


Seiring perkembangan teknologi internet maka keberadaan Strategi Digital Marketing atau Pemasaran Digital menjadi suatu hal yang sangat penting. Sesuai dengan namanya, tujuan utama dari pemasaran digital ini adalah untuk menarik kostumer agar membeli produk atau layanan yang kita pasarkan.

Digital Marketing memiliki pengertian berupa segala bentuk kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan dengan menggunakan media elektronik termasuk internet.

Strategi digital marketing untuk bisnis
Image: pixabay


Strategi Digital Marketing pada zaman dulu hanya mengandalkan media elektronik seperti radio dan televisi. Namun kini, seiring dengan meningkatnya pengguna internet maka strategi itu pun mulai bergeser dengan menyasar para konsumen melalui media internet dan jejaring sosial media.


Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Strategi Digital Marketing?

Bagi para pelaku industri, tentu tidak bisa dilepaskan dari kegiatan pemasaran atau promosi. Promosi secara konvensional saja tidak cukup untuk bisa menggaet para pelanggan. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau pelaku bisnis yang mulai mengoptimalkan Strategi Digital Marketing sebagai salah satu metode pemasaran mereka.

Berikut ini adalah Alasan mengapa sebuah bisnis membutuhkan Digital Marketing yang baik:

Jangkauan Digital Marketing Lebih Luas Daripada Marketing Konvensional

Penggunaan internet tumbuh dengan sangat cepat. Akses internet yang semakin lancar dan terjangkau membuat jaringan ini semakin banyak diakses oleh banyak orang.

Penduduk di kota besar maupun kota kecil bahkan pedesaan pun mulai bisa mengakses internet dengan perangkat telepon pintar yang merekaa miliki. Tentu hal ini bisa dimanfaatkan oleh para marketer untuk bisa menjangkau target pasar yang jauh lebih luas dengan hanya mengandalkan dunia internet.

Biaya Strategi Digital Marketing Cenderung Lebih Terjangkau

Pemasaran yang dilakukan secara digital seperti iklan suatu produk di jejaring sosial seperti Facebook ataupun Instagram cenderung terjangkau.

Melalui pemasaran digital ini kita bisa mengatur budget atau anggaran yang akan dihabiskan untuk suatu kampanye marketing. Selain itu, iklan-iklan tipe ini juga cenderung lebih mudah untuk dipantau sehingga jika ada anomali-anomali atau ketidaksesuaian dengan target pasar maka Strategi Digital Marketing pun bisa dievaluasi saat itu juga.

Cenderung Fleksibel Dalam Pengubahan Strategi Pemasaran

Digital Marketing secara umum lebih mudah untuk dipantau. Beberapa platform iklan seperti Facebook, Google maupun Instagram telah menyediakan dashboard yang bisa digunakan untuk melacak dan memantau kinerja dari strategi pemasarsan yang tengah dijalankan.

Dengan pemantauan yang real-time ini tentu akan sangat memudahkan untuk melihat atau bahkan memprediksi tingkat kesuksesan suatu Strategi Digital Marketing.

Apabila selama proses promosi tersebut terdapat kejanggalan-kejanggalan maka segera bisa dilakukan evaluasi dan pencarian alternatif strategi yang lebih mumpuni. Dalam kasus terburuk, bahkan kita pun bisa menghentikan penayangan promosi digital saat itu juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Calon Konsumen Yang Lebih Tertarget

Pada strategi pemasaran konvensional cenderung agak sulit untuk menentukan target pasar secara efektif. Lain halnya dengan Digital Marketing.

Dengan menggunakan Strategi Digital Marketing yang tepat maka kita bisa menjanngkau calon konsumen yang lebih tertarget seperti berdasarkan pada wilayah, usia hingga minat mereka.

Jangkauan konsumen yang lebih tertarget tentu akan bisa meningkatkan peluang terjadinya pembelian produk atau layanan yang dipromosikan.

Pengukuran Hasil Digital Marketing Lebih Akurat Dan Juga Lengkap

Digital Marketing menyediakan hasil yang lebih lengkap sehingga memudahkan dalam proses analisisnya bila dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional biasa.

Terdapat sejumlah tools yang bisa digunakan untuk memantau metrik suatu Digital Marketing. Beberapa tools yang populer antara lain adalah Tracking Scripts, Pixel Tag hingga Google Analytic.

Hasil pantauan dan pengukuran dari beberapa tools ini cukup lengkap mulai dari seberapa banyak iklan ditayangkan, seberapa banyak orang yang melakukan klik pada iklan tersebut hingga seberapa banyak yang terkonversi menjadi pembelian.

Penutup

Itulah beberapa alasan mengapa sebuah bisnis membutuhkan Strategi Digital Marketing yang baik dalam pemasarannya. Dengan melakukan optimasi pada pemasaran digital, maka peluang untuk terjadinya peningkatan penjualan pun akan semakin meningkat.

0 komentar:

Post a Comment


Top