Friday, January 10, 2020

Kesalahan Dalam Penerapan Strategi Email Marketing Untuk Bisnis


Pemasaran dalam dunia internet bisa melalui berbagai macam. Salah satunya adalah lewat email marketing. Strategi email marketing bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat untuk menjangkau calon-calon pelanggan disaat ini.

Email menjadi salah satu instrumen penting saat era internet ini. Proses pengiriman pesan maupun dokumen atau berbagai hal terkait dengan pekerjaan bisa dilakukan secara efektif dan efisien dengan menggunakan email atau surat elektronik ini.

Strategi Email Marketing Untuk Bisnis
Image: pixabay


Mengingat lalu lintas email yang cukup besar setiap harinya, tentu ini menjadi peluang yang sangat bagus jika bisa dioptimalkan oleh para marketer. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melalui Strategi Email Marketing yang sesuai sehingga kita bisa menjangkau para pelanggan atau calon-calon pelanggan untuk bisa membeli produk dan layanan yang dipromosikan.



Kesalahan Pada Email Marketing Yang Sering Dilakukan Oleh Para Marketer

Jika bisa dimanfaatkan secara optimal maka Strategi Email Marketing yang tepat pun bisa mendatangkan trafic ataupun prosentasi terjadinya penjualan.

Namun terkadang tak jarang terdapat sejumlah kesalahan tatkala melakukan email marketing sehingga trafik yang datang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan tak jarang email yang dikirim pun hanya sekedar lalu saja dikotak masuk calon-calon pelanggan yang potensial.

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam penerapan email marketing yang bisa mengurangi efektifitas kinerjanya:

1. Kurang Memahami Karakteristik Dan Kebutuhan Kostumer

Setiap konsumen memiliki cara berbeda dalam menyikapi suatu email marketing. Satu kostumer dengan kostumer yang lainnya bisa saja memiliki karakteristik yang berbeda sehingga membutuhkan metode dan pendekatan yang berbeda.

Terdapat berbagai metode yang bisa digunakan untuk mempelajari pola-pola kostumer. Oleh karenanya memahami kebutuhan dan karakteristik kostumer adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam Strategi Email Marketing.

Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melakukan pendekatan terhadap calon pelanggan melalui email marketing adalah menggunakan email automation yang memungkinkan bagi kita untuk memantau dan menganalisis interaksi dengan calon kostumer lewat email marketing yang kita kirimkan.

2. Email Marketing Tidak Disertai Dengan Konten Yang Bermanfaat Bagi Pelanggan

Banyak sekali para marketer yang hanya mengirimkan email marketing secara rutin kepada pelanggan namun tidak diimbangi dengan penyediaan konten-konten yang bermanfaat bagi para pelanggan.

Marketing memang penting, tapi konten tidak kalah pentingnya dengan Marketing. Pemasaran yang tidak diikuti dengan ketersediaan konten-konten bermanfaat dan berkualitas tentu akan bisa mengurangi efektivitas marketing yang tengah dilakukan.

3. Terlalu Banyak Mengirimkan Email Marketing Sehingga Dianggap Spam

Terlalu banyak dan sering mengirimkan email marketing bisa juga menurunkan peluang efektivitas suatu marketing. Pengiriman email yang terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak tentu akan membuat para pelanggan (subscriber) menjadi risih.

Apabila konsumen sudah merasa risih dan terganggu dengan email marketing yang dikirimkan, maka peluang mereka untuk berhenti berlangganan pun akan semakin besar. Tentu hal ini akan bisa menimbulkan kerugian bagi jangkauan pemasaran yang dilakukan.

4. Mengabaikan Laporan Hasil Laporan Email Automation

Memantau laporan efektifitas suatu kampanye iklan digital adalah hal penting yang harus senantiasa dilakukan oleh para marketer. Pun begitu pula dalam Strategi Email Marketing. Laporan hasil iklan merupakan metrik yang senantiasa harus diperhatikan setiap harinya.

Tiga hal yang perlu senantiasa diperhatikan adalah prosentase email yang dibuka, click-through rates dan juga konversi yang terjadi pada marketing tersebut. Dengan menggunakan metrik-metrik ini setidaknya para marketer bisa mengevaluasi efektivitas marketing yang sedang berjalan.

Itulah beberapa Kesalahan Dalam Penerapan Strategi Email Marketing dalam dunia bisnis. Sama seperti jenis digital marketing pada umumnya, email marketing pun harus terus diperhatikan agar bisa efektif sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan dan target yang ingin dicapai.

0 komentar:

Post a Comment


Top