Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghemat Baterai HP Android Dengan Mudah

Smartphone menjadi salah satu gadget yang hampir di miliki semua orang. Keberadaannya sangat membantu dan memudahkan berbagai urusan, entah itu untuk kebutuhan bisnis, komunikasi, mencari informasi atau hanya untuk hiburan saja. Apalagi dalam beberapa tahun belakang ini smartphone mengalami banyak perubahan dari segi fiturnya.

tips menghemat baterai HP android


Banyak sekali fitur-fitur canggih yang di sematkan pada smartphone saat ini. Tapi satu hal yang menjadi kekurangan dari smartphone, yaitu baterai yang cepat sekali habis. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghemat baterai HP Android supaya bisa bertahan seharian.

Cara Menghemat Baterai HP Android

Setiap pengguna smartphone Android pasti pernah mengalami kehabisan baterai di waktu-waktu genting, padahal baterai smartphone baru saja di isi. Dengan cara-cara di bawah ini di jamin baterai HP Android kamu akan lebih awet bahkan bisa bertahan seharian.

Periksa Aplikasi yang Berjalan Otomatis


tips menghemat baterai HP android

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis justru menjadi penyebab baterai HP Android cepat habis. Maka dari itu kamu perlu memeriksa aplikasi apa saja yang sedang berjalan secara otomatis.

Kamu bisa memeriksa aplikasi mana saja yang mengonsumsi banyak daya dengan cara membuka menu Setting > Battery > Battery Usage. Selanjutnya kamu tinggal uninstall atau batasi aplikasi yang banyak menghabiskan daya baterai.

Aktifkan Fitur Penghemat Daya


fitur penghemat baterai


Para pengembang smartphone Android menyadari jika baterai smartphone sangat boros, maka mereka pun menambahkan fitur penghemat daya sebagai solusi untuk menghemat baterai HP Android.

Fitur ini sendiri merupakan fitur bawaan, di mana smartphone saat ini pasti memiliki fitur yang satu ini. Kamu bisa mengaktifkannya dengan cara masuk ke menu Batterai pada pengaturan di smartphone kamu.

Disable Aplikasi Bawaan


aplikasi bawaan android

Salah satu hal yang paling menyebalkan adalah banyaknya aplikasi bloatware yang terpasang pada smartphone, khususnya smartphone kelas entry-level. Padahal tak semua aplikasi bawaan tersebut dibutuhkan para penggunanya.

Belum lagi sebagai pengguna smartphone kita tidak bisa menghapus atau uninstall aplikasi bawaan tersebut. Tetapi kita masih bisa melakukan disable terhadap aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting > Apps > Pilih Aplikasi dan Disable.

Hati-Hati Install Aplikasi


aplikasi boros baterai

Selalu berhati-hati dalam memasang aplikasi baru pada HP Android kamu. Ada baiknya kamu terlebih dahulu membaca keterangan serta apa saja yang dibutuhkan aplikasi tersebut ketika telah terpasang di HP kamu.

Ada banyak aplikasi yang malah membuat baterai HP kamu boros dan cepat habis karena terlalu sering melakukan Ping lokasi untuk Android kamu. Jadi sebaiknya kamu harus mengurangi untuk menginstall aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting dan sajang di gunakan.

Atur Kecerahan Layar


atur kecerahan layar

Salah satu kelebihan dari smartphone Android adalah para pengguna dapat dengan bebas mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan yang dibutuhkan. Tapi di sisi lai fitur ini juga dapat di gunakan untuk menghemat baterai Androud.

Di mana semakin rendah tingkat kecerahan layar maka akan semakin sedikit daya baterai yang di gunakan. Maka jika sewaktu-waktu baterai smartphone kamu dalam kondisi kritis, maka segera atur kecerahan layar ke tingkat yang paling rendah untuk menghemat baterai.


Meski saat ini telah hadir PowerBank yang bisa di bawa ke mana saja. Tetap saja PowerBank pun bisa kehabisan daya dan harus di isi ulang agar bisa di gunakan kembali. Maka dari itu cara menghemat baterai HP Android sangat dibutuhkan, supaya smartphone kamu bisa di gunakan seharian tanpa perlu mengisi daya terus-menerus. 

Post a Comment for "Cara Menghemat Baterai HP Android Dengan Mudah"

Berlangganan via Email